UNIVERSITAS AIRLANGGA
PUSAT PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM PROFESI AKUNTANSI

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan jalur pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dengan Surat Ijin No. 3568/D/T/2002, tertanggal 2 Desember 2002. Sedangkan ketentuan penyelenggaraan PPAk diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001, tanggal 21 Nopember 2001.

Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.

A. TUJUAN

Menghasilkan Akuntan yang memiliki :

  1. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional yang diperlukan oleh seorang akuntan.
  2. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional sehingga menjadi akuntan yang bersertifikat akuntan publik (BAP) melalui USAP
  3. Kemampuan berpraktik sebagai auditor


B.PROSPEK

Lulusan PPA adalah Akuntan yang berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Lulus USAP (Bersertifikat Akuntan Publik) merupakan syarat penting untuk mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik.

Disamping itu, tentu saja para akuntan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para sarjana akuntansi yang bukan akuntan. Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.


C. DAYA TAMPUNG

Daya tampung Program Profesi Akuntansi tahun akademilk 2017 :

  1. Ganjil : 50
  2. Genap : 50

D. INFORMASI
  • Kampus PPAk UNAIR Gedung Academic Business Center (ABC) lt. 7 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA
    Jl. Airlangga 4 Surabaya (60286) Informasi Pendaftaran hubungi 031 5036584
  • Web: www.ppak.feb.unair.ac.id

  • Kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga
    Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga Mulyorejo Surabaya
    Telp. 031-5956009, 5956010, 5956013 Fax. 031-5956027
    Web: www.ppmb.unair.ac.id | Email: info@ppmb.unair.ac.id

WAKTU & LAMA PENDIDIKAN

Pelaksanaan kuliah dilakukan setiap hari Senin sampai Jum'at, pukul 18.00 s/d 20.30 WIB. Lama pendidikan adalah satu tahun (atau dua semester).

PERIODE PERKULIAHAN
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester melalui suatu sistem seleksi. Perkuliahan diadakan 2 (dua) kali dalam setahun.

DESAIN KURIKULUM
Kurikulum terdiri dari 9 mata kuliah atau ekuivalen dengan 26 sks, dengan sebaran sebagai berikut:

SEMESTER No. MATAKULIAH Bobot SKS
Kuliah Praktikum Jumlah
I 1 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial 3 3
2 Pelaporan Akuntansi Keuangan 3   3
3 Pasar Modal dan Manajemen Keuangan 3 3
4 Etika Bisnis dan profesi 3   3
5 Manajemen Teknologi Informasi 3   3
TOTAL 15
II 1 Praktik Audit   3 3
2 Seminar Teori Akuntansi 3   3
3 Perpajakan 3   3
4 Akuntansi Manajemen dan Biaya 3   3
TOTAL 12

SATUAN BIAYA PENDIDIKAN PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI
TAHUN AKADEMIK 2017/2018


No KETERANGAN SOP (Rp) SP3 (Rp) Matrikulasi (Rp)
1 Alumni 3.250.000 1.000.000 300.000/mata ajar
2 Non Alumni 3.250.000 4.000.000 300.000/mata ajar

SEMESTER GASAL GELOMBANG I TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 1 – 28 Maret 2017
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 – 28 Maret 2017
Pengumuman lolos verifikasi online 10 – 28 Maret 2017
Perbaikan bagi yang tidak lolos 10 – 30 Maret 2017 Perbaikan berkas terakhir tanggal 30 Maret 2017 pkl 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 10  Maret – 3 April 2017 Batas pembayaran terakhir pukul 23.59 WIB
Ujian Tulis Bidang Ilmu 8 April 2017
Ujian TPA & Bahasa Inggris 9 April 2017  
Wawancara 9 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 20 April 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 26 – 28 April 2017


SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 24 April – 10 Mei 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 1 – 10 Mei 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 1 – 10 Mei 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 1 – 12 Mei 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 1 – 16 Mei 2017  
Ujian Tulis Bidang Ilmu
20 Mei 2017  
Ujian TPA & Bahasa Inggris 21 Mei 2017  
Wawancara 21 Mei 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi 6 Juni 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 14 – 16 Juni 2017  



SEMESTER GENAP GELOMBANG I TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 18 September – 4 Oktober 2017
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 25 September – 4 Oktober 2017
Pengumuman lolos verifikasi online 25 September – 4 Oktober 2017
Perbaikan bagi yang tidak lolos 25 September – 6 Oktober 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 25 September – 10 Oktober 2017
Ujian Tulis Bidang Ilmu 14 Oktober 2017
Ujian TPA & Bahasa Inggris 15 Oktober 2017  
Wawancara 15 Oktober 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 25 Oktober 2017  
Registrasi Mahasiswa Baru 1-3 Nopember 2017

SEMESTER GENAP GELOMBANG II TAHUN 2017/2018
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 23 Oktober – 15 November 2017  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 30 Oktober – 15 November 2017  
Pengumuman lolos verifikasi online 30 Oktober – 15 November 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 30 Oktober – 17 November 2017  
Pembayaran Biaya Ujian 30 Oktober – 21 November 2017  
Ujian TPA & Bahasa Inggris (CBT) 27 November – 8 Desember 2017  
Ujian Bid. Ilmu
9 Desember 2017  
Wawancara 9 Desember 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi

19 Desember 2017

 
Registrasi Mahasiswa Baru 28 – 29 Desember 2017  

PERHATIAN :
Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

PERSYARATAN PPAK TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Lulusan Program Studi S1 Akuntansi yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi).
  2. Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristek dikti RI.
  3. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan).

Warga Negara Asing (WNA)

  1. Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa
  2. Lulusan S1 Akuntansi dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).
  3. Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris)

PERSYARATAN PENERIMAAN

  1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
  2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
  3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

PERHATIAN

BERIKUT ADALAH SOFTCOPY / BERKAS / DOKUMEN ONLINE UNTUK PROGRAM PROFESI AKUNTANSI UNIVERSITAS AIRLANGGA TAHUN 2016, SOFTCOPY / BERKAS / DOKUMEN ONLINE UNTUK PROGRAM PROFESI AKUNTANSI 2017 AKAN SEGERA DIINFORMASIKAN.


Alur Pendaftaran Online<< klik

Untuk pendaftaran Online silahkan kunjungi website : http://pendaftaran.unair.ac.id

Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg/pdf)

Warga Negera Indonesia (WNI)

  1. Identitas diri ( KTP / SIM / Passport ) yang masih berlaku.
  2. Pas foto (ukuran file yang diupload maksimal 6MB).
  3. Ijazah asli S1.
  4. Transkrip asli S1
  5. Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya).
  6. Sertifikat akreditasi Institusi (BAN PT) (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya).
  7. Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan luar negeri.
  8. Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja.
  9. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

Warga Negera Asing (WNA)

  1. Identitas Diri ( Passport ) yang masih berlaku.
  2. Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal.
  3. Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris)

Download Form :

Untuk informasi pendaftaran online silahkan hubungi :
Helpdesk 082333253037 / 085707463003
(Senin - Jumat, Pukul 08.00-16.00)


  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.700.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Profesi(Rp.700.000,-) tekan ok dst....
  • MATERI UJIAN:

    • BIDANG ILMU
      • Auditing
      • Akuntansi Keuangan
      • Akuntansi Manajemen

    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran

    • BHS.INGGRIS

    • WAWANCARA

    KELENGKAPAN UJIAN :

    • Kartu Tanda Peserta
    • Peralatan tulis
      • Pensil 2B
      • Karet penghapus
      • Bolpoin
      • Peraut pensil

    REGISTRASI

    1. Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
    2. Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
    3. Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
    4. Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
    5. Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
    6. Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.