UNIVERSITAS AIRLANGGA
PUSAT PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM PROFESI AKUNTANSI

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan jalur pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dengan Surat Ijin No. 3568/D/T/2002, tertanggal 2 Desember 2002. Sedangkan ketentuan penyelenggaraan PPAk diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001, tanggal 21 Nopember 2001.

Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.

A. TUJUAN

Menghasilkan Akuntan yang memiliki :

  1. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional yang diperlukan oleh seorang akuntan.
  2. Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional sehingga menjadi akuntan yang bersertifikat akuntan publik (BAP) melalui USAP
  3. Kemampuan berpraktik sebagai auditor


B.PROSPEK

Lulusan PPA adalah Akuntan yang berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Lulus USAP (Bersertifikat Akuntan Publik) merupakan syarat penting untuk mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik.

Disamping itu, tentu saja para akuntan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para sarjana akuntansi yang bukan akuntan. Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.


C. DAYA TAMPUNG

Daya tampung Program Profesi Akuntansi tahun akademilk 2016 : 50


D. INFORMASI
  • Kampus PPAk UNAIR Gedung Academic Business Center (ABC) lt. 7 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA
    Jl. Airlangga 4 Surabaya (60286) Informasi Pendaftaran hubungi 031 5036584
  • Web: www.ppak.feb.unair.ac.id

  • Kantor Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga
    Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga Mulyorejo Surabaya
    Telp. 031-5956009, 5956010, 5956013 Fax. 031-5956027
    Web: www.ppmb.unair.ac.id | Email: ppmb@unair.ac.id

WAKTU & LAMA PENDIDIKAN

Pelaksanaan kuliah dilakukan setiap hari Senin sampai Jum'at, pukul 18.00 s/d 20.30 WIB. Lama pendidikan adalah satu tahun (atau dua semester).

PERIODE PERKULIAHAN
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester melalui suatu sistem seleksi. Perkuliahan diadakan 2 (dua) kali dalam setahun.

DESAIN KURIKULUM
Kurikulum terdiri dari 9 mata kuliah atau ekuivalen dengan 26 sks, dengan sebaran sebagai berikut:

SEMESTER No. MATAKULIAH Bobot SKS
Kuliah Praktikum Jumlah
I 1 Lingkungan Bisnis dan Hukum Komersial 3 3
2 Pelaporan Akuntansi Keuangan 3   3
3 Pasar Modal dan Manajemen Keuangan 3 3
4 Etika Bisnis dan profesi 3   3
5 Manajemen Teknologi Informasi 3   3
TOTAL 15
II 1 Praktik Audit   3 3
2 Seminar Teori Akuntansi 3   3
3 Perpajakan 3   3
4 Akuntansi Manajemen dan Biaya 3   3
TOTAL 12

BIAYA PENDIDIKAN 2016

No KETERANGAN SOP (Rp) SP3 (Rp) Matrikulasi (Rp)
1 Alumni 3.250.000 1.000.000 300.000/mata ajar
2 Non Alumni 3.250.000 4.000.000 300.000/mata ajar

SEMESTER GASAL GELOMBANG I TAHUN 2016/20167
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 16 - 30 Maret 2016
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 17 Maret - 4 April 2016
Pengumuman lolos verifikasi online 17 Maret - 4 April 2016
Perbaikan bagi yang tidak lolos 17 Maret - 4 April 2016  
Pembayaran Biaya Ujian 17 Maret - 5 April 2016
Ujian Tulis Bidang Ilmu 9 April 2016
Ujian TPA & Bahasa Inggris 10 April 2016  
Wawancara 10 April 2016
Pengumuman Hasil Seleksi 20 April 2016  
Registrasi Mahasiswa Baru 27 - 29 April 2016

Ujian Tulis Bidang Ilmu 13 Agustus 2016 Ujian TPA & Bahasa Inggris 14 Agustus 2016   Wawancara 14 Agustus 2016 Pengumuman Hasil Seleksi 24 Agustus 2016   Registrasi Mahasiswa Baru 29 - 30 Agustus 2016


JADWAL SELEKSI PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN AJARAN 2016/ 2017
SEMESTER GASAL GELOMBANG II TAHUN 2016/20167
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 23 Mei - 13 Juni 2016  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 25 Mei - 14 Juni 2016 14 Juni 2016 pkl.14.30 WIB
Pengumuman lolos verifikasi online 25 Mei - 14 Juni 2016  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 25 Mei - 14 Juni 2016  
Pembayaran Biaya Ujian 25 Mei - 15 Juni 2016  
Ujian Tulis Bidang Ilmu
18 Juni 2016  
Ujian TPA & Bahasa Inggris 19 Juni 2016  
Wawancara 19 Juni 2016  
Pengumuman Hasil Seleksi 30 Juni 2016  
Registrasi Mahasiswa Baru 19- 20 Juli 2016  



SEMESTER GENAP GELOMBANG I TAHUN 2016/2017
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 5 September - 6 Oktober 2016
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 13 September - 6 Oktober 2016
Pengumuman lolos verifikasi online 13 September - 6 Oktober 2016
Perbaikan bagi yang tidak lolos 13 September - 7 Oktober 2016 Perbaikan berkas bagi peserta terakhir tanggal 7 Oktober 2016 pukul 15.00 WIB.
Pembayaran Biaya Ujian 13 September - 11 Oktober 2016
Ujian Tulis Bidang Ilmu 15 Oktober 2016
Ujian TPA & Bahasa Inggris 16 Oktober 2016  
Wawancara 16 Oktober 2016
Pengumuman Hasil Seleksi 26 Oktober 2016  
Registrasi Mahasiswa Baru 2 - 4 November 2016

SEMESTER GENAP GELOMBANG II TAHUN 2016/2017
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 24 Oktober - 24 November2016  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 31 Oktober - 25 November2016  
Pengumuman lolos verifikasi online 31 Oktober - 25 November2016  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 31 Oktober - 28 November2016 Perbaikan berkas bagi peserta terakhir tanggal 28 November 2016 pukul 15.00 WIB.
Pembayaran Biaya Ujian 31 Oktober - 29 November2016  
Ujian TPA & Bahasa Inggris (CBT) 9 Desember 2016  
Ujian Bid. Ilmu
10 Desember 2016  
Wawancara 10 Desember 2016  
Pengumuman Hasil Seleksi 21 Desember 2016  
Registrasi Mahasiswa Baru 27 - 29 Desember 2016  

*) Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)

PERSYARATAN PPAK TAHUN AKADEMIK 2016/2017

PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Lulusan Program Studi S1 Akuntansi dari institusi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi).
  2. Lulusan dari institusi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya) dengan menyertakan copy sertifikat akreditasi institusi PT (AIPT) atau copy surat permohonan AIPT ke BAN PT.
  3. Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI
  4. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut)
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dari dokter yang masih berlaku)

Warga Negara Asing (WNA)

  1. Mendapat rekomendasi dari KBRI dari negara asal calon mahasiswa
  2. Lulusan S1 Akuntansi dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).
  3. Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris).

PERSYARATAN PENERIMAAN UMUM

  1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
  2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
  3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

Alur Pendaftaran Online<< klik

Untuk pendaftaran Online silahkan kunjungi website : http://pendaftaran.unair.ac.id

Softcopy / Berkas / Dokumen Online yang harus dipersiapkan (Hasil Scan berupa file gambar/Jpeg/pdf)

Warga Negera Indonesia (WNI)

  1. Identitas diri ( KTP / SIM / Passport ) yang masih berlaku.
  2. Pas foto (ukuran file yang diupload maksimal 6MB).
  3. Ijazah asli S1.
  4. Transkrip asli S1
  5. Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya).
  6. Sertifikat akreditasi Institusi (BAN PT) (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya).
  7. Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan luar negeri.
  8. Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja.
  9. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

Warga Negera Asing (WNA)

  1. Identitas Diri ( Passport ) yang masih berlaku.
  2. Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal.
  3. Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris)

Download Form :

Untuk informasi pendaftaran online silahkan hubungi :
Helpdesk 082333253037 / 085707463003
(Senin - Jumat, Pukul 08.00-16.00)


  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.700.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan Strata Profesi(Rp.700.000,-) tekan ok dst....
  • MATERI UJIAN:

    • BIDANG ILMU
      • Auditing
      • Akuntansi Keuangan
      • Akuntansi Manajemen

    • TES POTENSI AKADEMIK :
      • Kemampuan Verbal
      • Kemampuan Numerik
      • Kemampuan Penalaran

    • BHS.INGGRIS

    • WAWANCARA

    KELENGKAPAN UJIAN :

    • Kartu Tanda Peserta
    • Peralatan tulis
      • Pensil 2B
      • Karet penghapus
      • Bolpoin
      • Peraut pensil

    REGISTRASI

    1. Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
    2. Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
    3. Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
    4. Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
    5. Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
    6. Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.