Selayang Pandang

Minat Studi Manajemen Kesehatan Lingkungan sudah ada sejak tahun ajaran 2002/2003. Perkembangan dari Minat Studi Manajemen Kesehatan Lingkungan di Program Magister Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK). Berdasarkan pengembangan bidang ilmu, sumber daya yang memadai dan dipandang telah memiliki pengalaman dalam melaksanakan proses belajar mengajar maupun pengelolaan program magister, berdasarkan SK Rektor Universitas Airlangga.

Minat Studi Manajemen Kesehatan Lingkungan ditetapkan menjadi Program Magister Program Studi Kesehatan Lingkungan pada tahun 2008 dengan 2 minat studi yaitu Minat Studi Manajemen Kesehatan Lingkungan (MKL) dan Minat Studi Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL).

Program magister program studi kesehatan lingkungan berdiri ada tahun 2008 sesuai dengan SK Rektor Universitas Airlangga No. 4311/J03/OT/2008, tanggal 10 Maret 2008 bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan ilmu dan profesionalisme dalam menganalisis masalah kesehatan lingkungan. Penyelenggaraan program magister program studi ksehatan lingkungan sesuai dengan SK Rektor Universitas Airlangga No. 1105/ H3/ KR/ 2010, tanggal 30 Juli 2010.

Visi

Menjadikan Program Magister Kesehatan Lingkungan FKM Unair yang terkemuka dengan menghasilkan lulusan proaktif, inovatif, profesional, produktif ekonomis serta pelopor di bidang kesehatan lingkungan di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berbasis teknologi pembelajaran modern, berkualitas, berdasarkan metode dan konsep evidence based learning process.
  2. Melaksanakan pengelolaan pendidikan dengan RAISE plus (Relevancy, Academic Atsmosphere, Internal Management and Organization, Sustainability, Efficiency and Productivity) plus Leadership, Access and Equity.
  3. Mengembangkan penelitian dan mempublikasikan dalam jurnal ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan lingkungan untuk menyelesaikan masalah kesehatan lingkungan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  4. Membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dalam rangka eksistensi Prodi S2 Kesehatan Lingkungan dan pengembangan keilmuan kesehatan lingkungan.