PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG PROGRAM PASCASARJANA KERJASAMA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR TAHUN AKADEMIK 2017/2018


NO JENJANG PROGRAM STUDI
1. Doktor (S3) Ilmu Akuntansi

SATUAN BIAYA
PROGRAM PASCASRAJANA KERJASAMA UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASAR


NO PROGRAM STUDI WNI
SOP SP3 MATRIKULASI
1 Ilmu Akuntansi 20.000.000 10.000.000 3.000.000

JADWAL PENDAFTARAN PROGRAM PASCASARJANA KERJASAMA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR TAHUN AKADEMIK 2017/2018


KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 27 November - 7 Desember 2017 Pendaftaran Online terakhir tanggal 7 Desember 2017 pukul 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 27 November - 8 Desember 2017
Pengumuman lolos verifikasi online 27 November - 8 Desember 2017  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 27 November - 8 Desember 2017 Verifikasi berkas pendaftaran terakhir tanggal 8 Desember 2017 pukul 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 27 November - 8 Desember 2017 Pembayaran biaya ujian terakhir tanggal 8 Desember 2017 pukul 23.59 WIB
Pelaksanaan Ujian TPA, Ujian Bahasa Inggris dan Wawancara 16 Desember 2017  
Pengumuman Hasil Seleksi - 28 Desember 2017
Registrasi Mahasiswa Baru - 3-5 Januari 2018

PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM PASCASARJANA KERJASAMA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR TAHUN AKADEMIK 2017/2018


Persyaratan Umum

Warga Negara Indonesia (WNI)

No.
Persyaratan Pendaftaran Umum
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Identitas Diri
Identitas diri ( KTP / SIM / Passport ) yang masih berlaku.
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas foto (ukuran file yang diupload maksimal 6MB).
*jpg / *pdf
3.
Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi) kecuali untuk lulusan sebelum tahun 2004.
  1. Ijazah S1/D4 ; S2/MST/SP.
  2. Transkrip S1/D4 ; S2/MST/SP.
*jpg / *pdf
4.
Lulusan dari program studi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bagi lulusan tahun 2015 dan sesudahnya) dengan menyertakan copy sertifikat akreditasi.
Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 dan S2 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya kecuali 2004 kebawah )
*jpg / *pdf
5.
Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI di direktorat pembelajaran.
Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan Negeri.
*jpg / *pdf
6. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja *jpg / *pdf
7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan). Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
8. Memiliki rekomendasi dari atasan/pakar dibidang keilmuannya (optional). Surat Rekomendasi. *jpg / *pdf
9. Mengumpulkan karya ilmiah pada saat pendaftaran Karya Ilmiah 5 Th Terakhir (Cover, Daftar Isi, Pedahuluan). *pdf
10. Mengumpulkan rencana proposal penelitian (pra proposal) pada saat pendaftaran. Surat Rekomendasi. *jpg / *pdf
11.
Memiliki bukti lulus TPA (Otto-Bappenas). *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Rencana Proposal Penelitian (pra proposal) Meliputi : Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya.
*pdf
12.
Memiliki bukti lulus TOEFL dengan skor ≥ 500. *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah :
  1. English Language Proficiency Test (ELPT) dari Pusat Bahasa UNAIR dan/ atau Pusat Bahasa yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Negeri;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku,  yakni maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
*jpg / *pdf
13.
Bagi peserta yang tidak memiliki bukti lulus TPA (seperti pada butir no.11) dan bukti lulus TOEFL (seperti pada butir no.12), dapat mengikuti tes TPA dan Bahasa Inggris sesuai jadwal seleksi.
-
-

Warga Negara Asing (WNA)

No. Persyaratan Dokumen Pendaftaran (Berkas Online) Format & Contoh
1.
Identitas Diri
Pasport
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB.
*jpg / *pdf
3.
Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa
Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal.
*jpg / *pdf
4.
Lulusan S1 Akuntansi dari program studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board).
*jpg / *pdf
5.
Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris)
Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris)
*jpg / *pdf

S3 Ilmu Akuntansi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu akuntansi harus mengikuti matrikulasi
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2017 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf

Persyaratan Penerimaan

Sayarat Penerimaan
1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,

Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

Materi Ujian untuk Program DOKTOR terdiri dari :
  • TES POTENSI AKADEMIK :
    1. Kemampuan Verbal
    2. Kemampuan Numerik
    3. Kemampuan Penalaran
  • BHS.INGGRIS
  • WAWANCARA
KELENGKAPAN UJIAN
  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    1. Pensil 2B
    2. Karet penghapus
    3. Bolpoin
    4. Peraut pensil

REGISTRASI

  • Para peserta ujian dapat melihat hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unair di http://pengumuman.unair.ac.id/ dengan memasukkan nomor ujian.
  • Informasi Registrasi Ulang dapat diakses di halaman web unair.ac.id di bagian pengumuman sesuai jadwal yang telah ditentukan (di halaman web ppmb.unair.ac.id)
  • Setelah Dinyatakan Lulus, peserta diminta melakukan Registrasi Mahasiswa Baru (Regmaba) Online. Form Regmaba dan Surat Pernyataan harus sudah dicetak sebelum melakukan registrasi ulang.
  • Calon Maba Unair harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  • Calon Maba Unair harus berpakaian rapi (tidak boleh memakai kaos tanpa kerah), bersepatu dan menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  • Tempat : Di Bagian Registrasi Mahasiswa Gedung Rektorat Lt I Kampus C, Jl. Mulyorejo Surabaya.