Doktor (S3)

PROGRAM STUDI DAN DAYA TAMPUNG PROGRAM DOKTOR
TAHUN AJARAN 2018/2019


NO FAKULTAS PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG 2018
GASAL GENAP
1 Kedokteran Ilmu Kedokteran
  – Kelas A (Reguler) 40 -
  – Kelas B (Pararel) 20
(* Dibuka dengan minimal 15 peserta, jika kurang maka digabung dengan kelas reguler)
-
2 Kedokteran Gigi Ilmu Kedokteran Gigi 10 -
3 Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat 25 -
4 Keperawatan Keperawatan 15 -
5 Hukum Ilmu Hukum 20 -
6 Sains Dan Teknologi Ilmu Matematika & IPA 20 -
7 Farmasi Ilmu Farmasi 8 7
8 Ekonomi Dan Bisnis Ilmu Akuntansi 15 15
9   Ilmu Ekonomi 8 8
10   Ilmu Manajemen 20 -
11 Kedokteran Hewan Sains Veteriner 5 3
12 Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Ilmu Sosial 30 20
13 Psikologi Ilmu Psikologi 10 -
14 Sekolah Pascasarjana Pengembangan Sumber Daya Manusia 15 15
15   Ilmu Ekonomi Islam 15 15

SATUAN BIAYA PROGRAM DOKTOR
TAHUN AKADEMIK 2018/2019


NO PROGRAM STUDI WNI WNA
SOP SP3 MATRIKULASI SOP SP3 MATRIKULASI
1 Ilmu Kedokteran            
  – Kelas A (Reguler) 10.000.000 15.000.000 - - - -
  – Kelas B (Paralel) 15.000.000 17.500.000 - - - -
2 Kesehatan Masyarakat      
  – Kelas A (Reguler) 13.000.000 12.500.000 5.000.000 25.000.000 30.000.000 10.000.000
  – Kelas B (Paralel) 15.000.000 15.000.000 5.000.000 - - -
3 Ilmu Matematika & IPA 11.000.000 10.000.000 5.000.000 20.000.000 25.000.000 10.000.000
4 Ilmu Ekonomi 10.000.000 15.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 12.500.000
5 Ilmu Ekonomi Islam 11.000.000 12.000.000 10.000.000 25.000.000 35.000.000 20.000.000
6. Akuntansi
Kelas Reguler 11.000.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 12.500.000
Kelas Kerjasama dengan Universitas Muhammadyah Makassar 20.000.000 10.000.000 3.000.000 - - -
7 Ilmu Manajemen
  - Alumni S2 MM 11.000.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 15.000.000
  - Non Alumni S2 MM/ IM 11.000.000 10.000.000 8.000.000 25.000.000 35.000.000 15.000.000
  - Alumni S2 Ilmu Manajemen 11.000.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 35.000.000 15.000.000
8 Ilmu Sosial 9.000.000 10.000.000 - 25.000.000 35.000.000 -
9 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat 12.500.000 15.000.000 4.000.000 - - -
10 PSDM
  - Kelas Reguler 10.000.000 15.000.000 - - - -
  - Kelas Kerjasama Universitas Muhammadyah Makasar 20.000.000 10.000.000 3.000.000 - - -
11 Sains Veteriner 9.000.000 10.000.000 - - - -
12 Ilmu Psikologi 12.500.000 10.000.000 5.000.000 25.000.000 40.000.000 10.000.000
13 Ilmu Farmasi 10.000.000 12.500.000 - 20.000.000 25.000.000 -
14 Ilmu Hukum 12.500.000 15.000.000 - 25.000.000 40.000.000 -
15 Ilmu Kedokteran Gigi 20.000.000 30.000.000 - - - -
16 Ilmu Keperawatan 15.000.000 15.000.000 5.000.000 25.000.000 30.000.000 30.000.000
Keterangan: *) Berdasarkan SK Rektor Nomor 18 tahun 2018 tertanggal 5 Maret 2018

JADWAL KEGIATAN PROGRAM DOKTOR TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMESTER GASAL GELOMBANG I

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 1 – 28 Maret 2018  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 – 28 Maret 2018  
Pengumuman lolos verifikasi online 10 – 28 Maret 2018  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 10 Maret – 2 April 2018 Perbaikan berkas terakhir tanggal 2 April 2018 pkl 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 10 Maret - 3 April 2018 Batas pembayaran terakhir 3 April 2018 pukul 23.59 WIB
Ujian TPA & Bahasa Inggris & dan wawancara 8 April 2018  
Pengumuman Hasil Seleksi 19 April 2018  
Registrasi Mahasiswa Baru 25 – 27 April 2018  

SEMESTER GASAL GELOMBANG II

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 23 April – 11 Mei 2018  
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 2 – 11 Mei 2018  
Pengumuman lolos verifikasi online 2 – 11 Mei 2018  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 2 – 14 Mei 2018 Perbaikan berkas terakhir tanggal 14 Mei 2018 pkl 15.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 2 – 15 Mei 2018 Batas pembayaran terakhir 15 Mei 2018 pukul 23.59 WIB
Ujian TPA & Bahasa Inggris & dan wawancara 20 Mei 2018  
Pengumuman Hasil Seleksi 6 Juni 2018  
Registrasi Mahasiswa Baru 3 – 5 Juli 2018  

SEMESTER GASAL GELOMBANG III

KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
Pendaftaran Online (Pra-pendaftaran) 27 Juni – 10 Juli 2018 Pendaftaran Online terakhir tanggal 10 Juli 2018 pkl 23.59 WIB
Verifikasi Dokumen Pendaftaran 28 Juni – 10 Juli 2018  
Pengumuman lolos verifikasi online 28 Juni – 10 Juli 2018  
Perbaikan bagi yang tidak lolos 28 Juni – 11 Juli 2018 Perbaikan berkas terakhir tanggal 11 Juli 2018 pkl 9.00 WIB
Pembayaran Biaya Ujian 28 Juni – 11 Juli 2018 Batas pembayaran terakhir 11 juli 2018 pukul 23.59 WIB
Ujian TPA & Bahasa Inggris & dan wawancara 15 Juli 2018  
Pengumuman Hasil Seleksi 23 Juli 2018  
Registrasi Mahasiswa Baru -  


PERHATIAN :
Pengisian Form Pendaftaran Online Harus Dilakukan Sesuai Jadwal yang telah ditentukan,
diluar waktu yang kami tentukan pendaftaran Online DITUTUP (Sepenuhnya Tanggung Jawab Peserta)
Dimohon dengan Sangat Bagi Peserta Doktor yang sudah Lolos Verifikasi dan Membayar Biaya Pendaftaran untuk Mengirimkan Pra Proposal dan Karya Ilmiah ke PPMB UNAIR

PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM DOKTOR
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Persyaratan Umum

Warga Negara Indonesia (WNI)

No.
Persyaratan Pendaftaran Umum
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
Identitas Diri
Identitas diri ( KTP / SIM / Passport ) yang masih berlaku.
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas foto (ukuran file yang diupload maksimal 6MB).
*jpg / *pdf
3.
Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis .
  1. Ijazah S1/D4 ; S2/MST/SP.
  2. Transkrip S1/D4 ; S2/MST/SP.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki Sertifikat Akreditasi BAN PT/LAM-PTKes dan/atau Kemenkes RI untuk lulusan dari bidang kesehatan di bawah pengelolaan Kemenkes RI (bisa pada saat lulus atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari program studi)
Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 dan S2 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2015 dan sebelumnya kecuali 2004 kebawah )
*jpg / *pdf
5.
Bagi WNI Lulusan jenjang Sarjana dan atau jenjang Magister yang setara  dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti RI di direktorat pembelajaran.
Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan Negeri.
*jpg / *pdf
6. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja *jpg / *pdf
7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan). Surat Keterangan Sehat dari Dokter. *jpg / *pdf
8. Memiliki rekomendasi dari atasan/pakar dibidang keilmuannya (optional). Surat Rekomendasi. *jpg / *pdf
9.
Memiliki karya ilmiah dan ditunjukkan saat wawancara (optional)
Karya Ilmiah 5 Th Terakhir (Cover, Daftar Isi, Pedahuluan). *pdf
10.
Memiliki rencana proposal penelitian (pra proposal) pada saat pendaftaran.
Rencana Proposal Penelitian (pra proposal) Meliputi : Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya. *pdf
11.
Memiliki bukti lulus TPA (Otto-Bappenas). *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Sertifikat TPA (Otto-Bappenas) yang masih berlaku, yakni maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
*pdf
12.
Memiliki bukti lulus TOEFL dengan skor ≥ 500. *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat.
Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang diakui adalah :
  1. English Language Proficiency Test (ELPT) dari Pusat Bahasa UNAIR dan/ atau Pusat Bahasa yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Negeri;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP,Klik Daftar lembaga IELTS yang diakui atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Klik Daftar lembaga iBT yang diakui atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF. Klik Daftar lembaga ITP yang diakui
Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku,  yakni maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat.
*jpg / *pdf
13.
Bagi peserta yang tidak memiliki bukti lulus TPA (seperti pada butir no.11) dan bukti lulus TOEFL (seperti pada butir no.12), dapat mengikuti tes TPA dan Bahasa Inggris sesuai jadwal seleksi.
-
-

Warga Negara Asing (WNA)

No. Persyaratan Dokumen Pendaftaran (Berkas Online) Format & Contoh
1.
Identitas Diri
Pasport
*jpg / *pdf
2.
Foto
Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB.
*jpg / *pdf
3.
Lulusan Program Studi S1/Diploma 4 dan Prodi S-2/Magister Sains Terapan/Spesialis yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board)
Ijazah dan Transkip Akademik Sarjana dan Master (dalam bahasa inggris).
 
3.
Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa
Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal.
*jpg / *pdf
4.
Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris)
Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris)
*jpg / *pdf
5.
Memiliki sertifikat TOEFL bagi calon peserta yang berasal dari negara non berbahasa Inggris.
Sertifikat TOEFL.
*jpg / *pdf

PERSYARATAN KHUSUS

Fakultas Kedokteran

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
IPK S2 atau spesialis > 3,00 atau yang setara
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan S1 dan S2 (salah satunya adalah dibidang Kedokteran), atau Lulusan Program Spesialis 1
Ijazah Asli S1 & S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Tidak buta warna total maupun parsial
Surat Keterangan Tidak Buta Warna total dan parsial dari Dokter sp Mata
*jpg / *pdf

Fakultas Kedokteran Gigi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
IPK S2 atau spesialis > 3,00 atau yang setara
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan S1 dan S2 salah satunya dari dibidang Kekesehatan, atau Lulusan Program Spesialis 1
Ijazah Asli S1 & S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Tidak buta warna total maupun parsial
Surat Keterangan Tidak Buta Warna total dan parsial dari Dokter sp Mata
*jpg / *pdf

Fakultas Hukum

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
Lulusan Program studi S1 Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum yang terakreditasi B
Akreditasi BAN PT Prodi S1 ilmu Hukum minimal B
*jpg / *pdf
2.
Lulusan Program studi S2 yang linier adalah :
Magister Hukum, Magister Kenotariatan
Ijazah Asli S2 Mag.Hukum / Kenotariatan (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
-
3.
Bagi calon/ pendaftar yang berstatus dosen wajib memiliki publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah.
Bagi calon/ pendaftar yang berstatus dosen wajib menyertakan publikasi terakhir dalam jurnal ilmiah.
*jpg / *pdf
4
Bagi calon/ pendaftar yang tidak berstatus dosen wajib memiliki proposal rencana penelitian disertasinya yang memuat latar belakang permasalahan, kebaruan, tujuan, dan manfaat penelitian.
Rencana Pra Proposal Disertasi Meliputi:Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian)
*jpg / *pdf

Fakultas Sains dan Teknologi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1. IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor disertai dengan topik riset
Surat Rekomendasi dari Promotor / kopromotor
*jpg / *pdf
3.
Tesis S2 linier dengan bidang minat S3
Tesis S2 linier dengan bidang minat S3
*pdf

Fakultas Farmasi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Calon peserta program berpendidikan magister (S-2) Ilmu Farmasi atau lulusan S-2 Kimia, Biologi, dan Biomedik, atau pendidikan Spesialis Farmasi Klinis/Ilmu Kesehatan lain yang dalam kurikulumnya ada pembuatan tesis
-
-
2.
Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor
Surat Rekomendasi dari calon promotor/kopromotor
*jpg / *pdf
3.
Calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima, selain lulusan magister Ilmu Farmasi/Spesialis Farmasi Klinis wajib mengikuti matrikulasi.
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu akuntansi harus mengikuti matrikulasi
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu ekonomi harus mengikuti matrikulasi
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Menerima S2 non ilmu ekonomi (sains dan teknologi)
-
-
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Program studi S2 yang bukan ilmu manajemen harus mengikuti matrikulasi.
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf

Fakultas Kedokteran Hewan

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1. Lulusan S1dan S2 dari :
  1. Kedokteran Hewan
  2. Peternakan
  3. Perikanan
  4. Biologi
Ijazah Asli S1& S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL) *jpg / *pdf

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf

Fakultas Kesehatan Masyarakat

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format File
1. IPK S2 > 3,25
Transkip Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan Transkip Sementara)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan S1 dan atau S2 dari Bidang Kesehatan Masyarakat
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Bagi yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Kesehatan Masyarakat, maka yang bersangkutan setelah diterima wajib melaksanakan matrikulasi.
-
-
3. Memiliki pra proposal disertasi
Rencana Pra Proposal disertasi Meliputi:Judul, Pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya
*jpg / *pdf

Fakultas Psikologi

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Ijazah Asli S1 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan Prodi S1 Psikologi dan S2 semua program studi
Ijazah Asli S1 Psikologi dan Ijazah S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Mengikuti pengayaan/Matrikulasi
   

Fakultas Keperawatan

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
IPK S2 > 3,00
Ijazah Asli S1 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan S2 Keperawatan/ S2 Kesehatan/ S2 Kedokteran yang memiliki Ijazah S1 Keperawatan (S.Kep) atau D3 Keperawatan dengan Alih jenis S1 Kesehatan Masyarakat (S.KM)
Ijazah Asli S1 dan Ijazah S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
3.
Bagi lulusan S2 Kesehatan/S2 Kedokteran wajib mengikuti matrikulasi
   
4.
Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun di bidang keperawatan/kesehatan dan dibuktikan dengan surat pengalaman bekerja.
Surat keterangan pengalaman bekerja minimal 2 tahun di bidang keperawatan/kesehatan dan dibuktikan dengan surat pengalaman bekerja. *jpg / *pdf
5.
Pendaftar yang berstatus aktif bekerja harus memiliki surat ijin dari atasan.
Surat Izin pimpinan di instansi tempat bekerja *jpg / *pdf
6.
6. Memiliki karya ilmiah/ publikasi pada saat mandaftar
Karya Ilmiah yang telah di publikasi *jpg / *pdf
7.
Memiliki rencana pra proposal
Memiliki rencana pra proposal, meliputi : Judul, Pendahuluan (Iatar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis, Materi dan metode penelitian, Daftar pustaka, Rencana sumber biaya) *jpg / *pdf
8.
Rekomendasi dari calon promotor/ kopromotor
Surat rekomendasi dari calon promotor/kopromotor *jpg / *pdf
3.
Bagi WNI lulusan jenjang sarjana dan atau jenjang magister yang setara dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristekdikti
- -

Sekolah Pascasarjana

No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
Tidak ada persyaratan khusus
-
-
No.
Persyaratan Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
Format & Contoh
1.
Program studi S2 yang linier yaitu: Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi atau yang sejenis
Ijazah Asli S2 (Bagi Lulusan 2018 bisa menggunakan SKL)
*jpg / *pdf
2.
Lulusan selain Ekonomi Islam wajib mengikuti matrikulasi
   

Persyaratan Penerimaan

Sayarat Penerimaan
1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR
2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang ditetapkan oleh Tim Kesehatan Universitas Airlangga.
3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

Alur Pendaftaran Online

Pentunjuk pendaftaran online mandiri dapat di lihat atau didownload di link ini.

Pendaftaran online dilakukan melalui halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id

Konsultasi atas berbagai kendala dan pertanyaan yang berhubungan dengan pendaftaran online
dapat dilakukan melalui facebook kami di :
facebook-logo.png PPMB Unair
atau
twitter_logo.png @ppmbunair
atau

  1. Telp. Help Desk (Senin - Jumat, 08.00-16.00) :
  2. 081.339.407.603

Setelah Pengumuman Lolos Verifikasi ,
Bagi Peserta yang lolos verifikasi akan mendapat sms atau email yang berisi
kode voucher yang bisa dibayarkan pada Bank Mandiri sebagai biaya pendaftaran,
Biaya pendaftaran adalah sebesar :
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.850.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  • Biaya pendaftaran bagi perserta yang berasal dari luar negeri sebesar Rp.2.000.000,-. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
Prosedur Pembayaran Melalui ATM :
Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran yang sesuai dengan StrataStrata Doktor (Rp.850.000,- DN / Rp. 2.000.000,- LN) tekan ok dst....
Peserta harap melakukan Login halaman web http://pendaftaran.unair.ac.id secara periodik untuk memeriksa hasil verifikasi.

Materi Ujian untuk Program DOKTOR terdiri dari :
  • TES POTENSI AKADEMIK :
    1. Kemampuan Verbal
    2. Kemampuan Numerik
    3. Kemampuan Penalaran
  • BHS.INGGRIS
  • WAWANCARA
KELENGKAPAN UJIAN
  • Kartu Tanda Peserta
  • Peralatan tulis
    1. Pensil 2B
    2. Karet penghapus
    3. Bolpoin
    4. Peraut pensil